Minggu, 21 September 2008

Sukseskah Pemilu 2009

Pemilihan Umum ( Pemilu ) sebentar lagi akan dilaksanakan. Akan tetapi jangan terlalu berharap Pemilu akan sukses. Kesuksesan Pemilu tidak dapat diketahui tanpa melihat sukses yang seperti apa. Banyak hal yang dapat mempengaruhi jalannya Pemilu. Panitia pemilu, masyarakat, partai politik sangat mempengarui suksesnya Pemilu. Kesiapan ketiganya sangat berpengaruh dalam suksesnya pemilu.

Pemilu tidak akan berjalan tanpa adanya ketiga aspek tersebut. Pemilu tidak akan jalan tanpa penitia yang mengurusi segala keperluan dan kebutuhan pelaksanaan. Partai politik juga harus ada sebagai peserta Pemilu. Keterlibatan masyarakat sangat mutlak diharapkan. Tanpa masyarakat Pemilu tidak ada artinya. Masyarakat mempunyai peran stragetis dalam pelaksanaan Pemilu.

Padahal saat ini masyarakat sudah tidak terlalu percaya dengan Pemilu. Pemilu hanya akan berlangsung seperti yang sudah pernah terjadi. Kepercayaan masyarakat menurun tajam. Bahkan masyarakat yang tidak menggunakan hak pilih ”Golput” diperkirakan akan meningkat. Untuk membuat masyarakat tidak golput itu membutuhkan cara yang sulit. Bahkan berbagai cara dilakukan untuk mengajak masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.

Partai politik disarakan sangat mempunyai kesiapan yang lebih dalam pelaksanaan Pemilu. Akan tetapi kesipan yang seperti apa yang dilakukan partai politik, itu yang harus diperhatikan. Jangan sampai persiapan yang dilakukan partai politik bagus tapi hanya diperuntukan oleh golongan tertentu. Padahal program yang harusnya menjadi acuan partai politik adalah bagaimana partai politik dapat mensejahterakan masyarakat tanpa membeda - bedakan dari golongan, suku, ras, agama. Masyarakat juga harus paham yang dilakukan oleh partai politik sebelum ikut dalam pelaksanaan Pemilu.

Sedang dengan melihat kesiapan panitia Pemilu dirasakan amburadul. Persiapan Pemilu dilakukan asal – asalan. Sepertinya tidak ada agenda yang rinci untuk menjalankan tahapan pemilu. Banyak ketidakjelasan diantara masing – masing panitia Pemilu, baik dari tingkat pusat sampai desa. Bahkan tahapan yang sudah disusun rapi mengalami banyak perubahan. Bahkan banyak tahapan Pemilu yang mundur dari apa yang sudah diagendakan. Persiapan yang ada dirasakan sulit untuk mencapai hasil maksimal dari pelaksanaan Pemilu 2009. Untuk itu kita tunggu saja nantinya Pemilu akan seperti apa.

Tidak ada komentar: