Minggu, 07 September 2008

Semeru Sangat Potensial

Kecamatan Pasurjambe terletak di kaki Gunung Semeru. Tepatnya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur merupakan daerah pegunungan yang sejuk. Walaupun daerahnya pegunungan tetapi tanah subur dan rakyat makmur. Banyak potensi yang dapat dikembangkan. Tanah pertanian subur. Masyarakat banyak bekerja menjadi petani.

Pertanian yang dikerjakan adalah padi, palawijo, sayuran dan lain – lain. Pertanian yang dikerjakan warga masyarakat banyak yang berhasil. Bahkan sampai mendapat hasil yang melimpah. Selain hasil pertanian usaha perkebunan juga digalakan. Perkebunana yang dilakukan salak pondoh, banyuwangi giant ginger ( jahe raksasa ), pure forest honey ( madu murni ).

Pemasaran pertanian dan perkebunan tidak hanya Kabupaten Lumajang bahkan sampai keluar Lumajang. Selain pertanian, wirausaha dilakukan masyarakat semeru. Masyarakat banyak yang mempunyai usaha mandiri dengan beternak, maupun kegiatan home industri.

Peternak yang dikembangkan masyarakat antara lain itik, sapi potong, kambing etawa, puyuh peternakan bull frog. Peternakan menjadi penopang ekonomi masyarakat. Kegiatan wirausaha home industri banyak dilakukan. Kegiatan ini sangat menopang ekonomi masyarakat Pasurjambe.

Dengan kegiatan tersebut tidak ada kekhawatiran dari masyarakat untuk dapat terus hidup maju. Kegiatan home industri yang dikerjakan warga Pasurjambe antara lain pembuatan gula merah, pembuatan krecek rebung, kerajianan perak, jeritan jagung ( tepung beras Jagung ), Virgin Coconut Oil, keripik jahe, keripik pisang, cengkeh, carang mas ( snak jawa/ketela), sarung bantal kursi tamu. Kegiatan home industri tersebut dapat melayani pesanan baik dalam partai kecil maupun besar.

Perlu adanya promosi untuk pemasaran yang harus dilakukan. Banyak promosi menggunakan fasilitas Telecenter Semeru. Fasilitas yang ada di Telecenter Dapat mendukung usaha yang dilakukan warga Pasurjambe.(9 September 2008 )

Tidak ada komentar: