Kamis, 11 September 2008

Politik Memang Kejam

Perseteruan politik membawa dampak rendahnya kepercayaan sebuah lembaga yang seharusnya dapat bersikap netral. Muatan politik yang dimiliki oleh salah seorang yang menjadi ponggawa/pemimpin sebuah instusi membawa dampak pada semua pihak.

Telecenter semeru sedang mengalami hal yang demikian. Dahulu telecenter yang terletak di Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang mengalami penurunan kepercayaan warga maupun pejabat yang berwenang. Sebelum ada pemilihan bupati Lumajang masih terjalin hubungan yang sinergis antara telecenter semeru dengan pemerintah Kecamatan. Banyak ungkapan mencela yang dilontarkan oleh aparat pemerintah kecamatan dalam hal ini Bapak Camatnya maupun sebaliknya. Ini berkaitan dengan terlibatnya pengelola telecenter semeru yang menjadi tim sukses bupati yang terpilih.

Permasalahan dengan jajaran institusi kecamatan belum selesai muncul permasalahan yang sama. Dalam ini keterlibatan pengelola dalam kancah pilkades (pilihan kepala desa). Kepala desa yang terpilih berasal dari lawan politik yang menjadi tim sukses pengelola telecenter dan radio komunitas telecenter semuru.

Permasalah tersebut membuat hubungan antara pihak camat, kepala desa pengelola telecenter dan radio komunitas menjadi tidak baik. Saat ini sedang akan dibangun kembali hubungan yang sinergis antar beberapa pihak yang terkait. Ini untuk menumbuhkan kepercayaan pihak – pihak yang terkait agar dapat memberikan kepercayaan bahwa telecenter dan radio komunitas semeru merupakan milik masyarakat. Bukanlah pekerjaan mudah sehingga sesama pihak dapat tunduk untuk memajukan kepentingan rakyat.

Patut disayangkan apabila masalah ini akan berkelanjutan. Untuk itu perlu segera dinetralisir agar dampak yang ditimbulkan tidak semakin parah. Telecenter yang seharusnya dapat dijadikan untuk peningkatan sumber daya manusia dan juga sebagai tempat untuk meningkatkan kemajuan masyarakat malah dijadikan sebagai ajang perseteruan oleh segelintir orang.

Dengan tehnologi informasi yang berkembang saat ini telah menjadi peluang dan sekaligus menjadi ancaman. Tehnologi Informasi bisa menjadi salah satu media untuk menjawab permasalahan kemiskinan. Dengan hadirnya Telecenter Semeru kesenjangan informasi yang terjadi pada sebagian besar kelompok miskin dan minoritas bisa terjawab. Akan tetapi jaring informasitersebut harus dapat dikelola dengan baik. Jangan sampai dengan pesatnya arus informasi malah menjadikan bumerang.

Tidak ada komentar: