Sabtu, 13 September 2008

Enaknya Ada Telecenter

Telecenter merupakan tempat mengakses informasi, berkomunikasi dan mendapatkan layanan sosial dan ekonomi dengan menggunakan sarana teknologi informasi dan komunikasi berupa komputer dan sambungan ke internet.

Selain itu telecenter diharapkan merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan pemberdayaan masyarakat yang antara lain berupa pelatihan peningkatan ketrampilan dan pengetahuan serta pelaksanaan kegiatan ekonomi masyarakat secara profesional yang didukung oleh fasilitas telecenter.

Maksud dan tujuan Telecenter adalah :
Pendirian telecenter merupakan program pengembangan komunitas lokal dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut :
1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat miskin ( petani dan nelayan ) terutama dalam hal pengelolaan usaha dan pemasaran hasil usaha di bidang pertanian.
2. Meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat miskin melalui penyuluhan dengan pemanfaatan ICT
3. Meningkatkan produksi bidang pertanian dengan adanya pemasaran yang lebih terbuka dan luas melalui informasi pemasaran yang ada di internet.
4. Meningkatkan kualitas SDM di tingkat desa melalui pelatihan-pelatihan terutama di bidang teknologi informasi dan bahasa Inggris untuk mempersiapkan diri memasuki pasar kerja.

Potensi lokal patut untuk kita promosikan. Promosi dapat kita lakukan baik dengan media cetak maupun elektronik. Bahkan belakangan teknologi informasi dan komunikasi mutlak dilakukan. Akan tetapi kesimpangsiuran informasi dapat membuat kerugian ekonomis dan secara otomatis akan timbul permasalaha sosial. Potensi pertanian maupun alam akan dapat membawa masyarakat bangkit menuju kejayaan.

Salah satu hal untuk dapat menujang mempromosikan aset yang ada dimasyarakat adalah denganenguatan aset informasi. Dengan terbangunnya teknologi berbasis informasi akan membawa masyarakat bangkit darikemiskinan. Banyak potensi yang bisa diangkat dan dipromosikan melalui teknologi informasi. Selainitu kita dapat berbagi pengalaman sehingga pemerataan potensi dapat digali dan diterapkan bersama.

Sebagai salah satu solusi penanganan masalah kemiskinan yang dapat segera direalisasikan antara lain ialah membangun basis informasi yang kegiatannya diawali melalui penyusunan sistem informasi. Dengan membangun basis informasi diharapkan begitu banyak informasi yang dapat diketahui dan akan berdampak pula pada banyaknya kesempatan berusaha yang bermanfaat bagi masyarakat pedesaaan.

Banyak pengalaman di Negara – Negara berkembang menunjukkan, bahwa akses informasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dimana tujuannya antara lain agar dapat mengetahui harga jual produk, baik itu sektor pertanian, perikanan maupun usaha lainnya. Dengan mengetahui informasi harga jual dimungkinkan masyarakat setempat mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.Karena mempunyai nilai jual tinggi, maka dengan sendirinya penghasilan masyarakat meningkat.

Telecenter akan dapat mendukung adanya kegiatan tersebut. Untuk itu dengan adanya telecenter dapat kita manfaatkan. Telecenter dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang akan menggunakan asalkan dapat mendukung pendidikan dan peningkatan potensi yang ada di suatu wilayah yang terdapat telecenter.

Seperti di TC Semeru seandainya dapat dimanfaat dengan maksimal akan dapat meningkatkan potensi lokal yang ada. Ini jelas terjadi karena di Semeru sendiri banyak potensi yang dapat diunggukan. Selain itu potensi yang ada dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk promosi maupun menerapkan potensi yang sudah ada dapat disingkronkan dengan adanya telecenter.

Untuk pelaksanaan di lapangan telah dipersiapkan organisasi pengelola sebagai berikut :
1. Tim Pembina Telecenter yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat setempat;
2. Sebagai tuan rumah ditunjuk tokoh masyarakat yang bertanggungjawab untuk keberadaan telecenter;
3. Pengelola telecenter yang terdiri dari Manager, Bagian pelayanan masyarakat, Bagian Informasi dan Bagian Pengembangan Masyarakat disamping sekretaris juga operator sebanyak 2 orang dan 1 tenaga teknis. ( UNDP )

Sebagai contoh : Untuk bangunan yang digunakan adalah hasil swadaya Kelompok Tani dan masyarakat sekitarnya sedangkan kegiatan – kegiatannya antara lain :
1. Operasional computer untuk internet dimulai pada bulan Mei 2005 dari jam 08.00 s/d 16.00 Wib dan dikunjungi ± 10 orang/ hari
2. Sesuai program di Kabupaten Lumajang bahwa desa Kertosari sebagai lokasi Agropolitan, kebanyakan akses internet mengarah untuk explore masalah pertanian ;
3. Hubungan yang telah dijalin melalui internet dengan petani di Batu untuk menanam “Sensivera” sejenis tanaman hias yang akan diekspor ke Asia Timur dan disebabkan petani Kabupaten Lumajang belum berpengalaman tentang tanaman hias, hal ini akan dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian ;
4. Akses lain yaitu browsing untuk masalah kesehatan sehubungan program Gerbang Mas (Gerakan Membangun Masyarakat Sehat) di Kabupaten Lumajang dan yang didapat adalah informasi-informasi tentang kesehatan dan informasi lain tentang pelatihan yang bermanfaat untuk para petani setempat ;
5. Untuk telecenter Semeru, didampingi konsultan dari UNDP dalam upaya menyusun progam – progam dan rencana kerja selama 1 (satu) tahun dan hasil rencana kerja berupa “Survey Kampung Sendiri” untuk melihat potensi dan masalah yang ada.
6. Diutamakan keberadaan Telecenter untuk mencetak kader – kader Kelompok Tani sebanyak – banyaknya dan difokuskan 1 (satu) desa untuk percontohan di desa Kertosari ;
7. Lokasi Telecenter cukup dekat dengan lokasi – lokasi kegiatan sosial lain, sehingga warga sering memanfaatkan untuk mendapat informasi dan juga dari ibu – ibu yang mengantar anak – anaknya di TK di dekat Telecenter juga tertarik belajar internet dan mengikuti kegiatan yang ada di Telecenter ;
8. Pengelola Telecenter telah mempublikasikan informasi yang ada di internet kepada penduduk tidak hanya melalui madia elektronik tapi juga melalui papan informasi dari hasil print out internet. Informasi yang bermanfaat antara lain yaitu mengenai system penerimaan mahasiswa baru ITB, informasi – informasi tentang kesehatan, tenaga kerja dan budidaya pertanian dan lain – lain ;
9. Direncanakan akan mengadakan pelatihan kompuetr atau internet tingkat dasar yang diharapkan akan menjadi simpul – simpul informasi ± 40 kader terbagi 4 (empat) gelombang ( 10 / gel ).

Yang perlu dingat adalah :

Teknologi informasi merupakan alat bantu yang memungkinkan pengintegrasian beberapa kegiatan dalam satu proses yang lebih sederhana. Pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi bukan hanya diorientasikan pada otomatisasi perkantoran saja, akan tetapi lebih dari itu adalah mampu berkomunikasi dengan unit lain dan masyarakat sebagai kekuatan lokal.

Perubahan sikap dan perilaku baik aparat maupun masyarakat mempunyai peran besar terhadap keberhasilan penerapan teknologi informasi dan komunikasi, karena perangkat yang canggih dan mahal tetapi tidak diimbangi dengan kesiapan manusia yang akan memanfaatkannya justru menimbulkan kondisi yang tidak produktif. Oleh karena itu aspek non teknis berupa rekayasa sosial (social engineering) menjadi salah satu unsur penting yang semestinya diupayakan mengiringi aspek teknis (technical engineering) yang sedang dikembangkan dalam implementasi kegiatan telecenter ini. Telecenter dapat berjalan dengan baik melalui dukungan dan partisipasi sebesar – besarnya dari seluruh lapisan masyarakat.

Tidak ada komentar: