Rabu, 10 September 2008

Indahnya Hidup Dikaki Gunung Semeru

Kaki gunung semeru mempunyai suasana yang sejuk. Tanah subur, rakyat hidup makmur. Seandainya orang perpandangan hidup modern harus di kota adalah salah besar. Kota tidak menjamin bahwa hidup kita akan menyenangkan. Bahkan di Desa kita akan mendapatkan kehidupan yang jauh dari menyenangkan.

Bahkan di kaki Gunung Semeru suasana sejuk dan asri bisa didapatkan. Desa Kertosari, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang tepatnya. Banyak masyarakat lebih suka kehidupan di lingkungan desa daripada di kota.

Alasan masyarakat enggan pergi ke kota karena hidup di desa masih terdapat udara yang segar belum kena polusi. Disamping itu apabila tinggal di desa dapat melakukan usaha sesuai dengan keinginan untuk dapat meningkatkan perekonomian. Karena di kanan kiri lingkungan kita dapat kita olah untuk usaha. Lebih – lebih di Desa Kertosari, Kecamatan Pasrujambe. Disini tanahnya subur sehingga sangat cocok untuk usaha pertanian. Pertaniannya mendapatkan hasil yang maksimal. Bahkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selain itu, di desa sangat mudah mencari alternatif dalam pemenuhan kebutuhan. Ini dapat dilihat apabila terdapat lonjakan harga sembako, minyak tanah. Bahkan sifat kegotongroyongan masih terjadi di desa. Sehingga dalam menjalani kehidupan akan terasa ringan. Kebiasaan gotong-royong mereka dapat saling toleransi kepada semuanya, dapat tercipta silahturahmi, memperkuat persatuan. Disinilah akan tercipta kedamaian dan terasa indahnya hidup di desa.

Keramahan masyarakat desa juga mendukung tumbuhnya sikap saling menghormati dan menghargai. Adat kebiasaan dan aturan adat atau tata krama di dalam masyarakat masih kental ada.

Tidak ada komentar: